Pilihanmu Jangan Menyinggung Perasaan Saudaramu


Jangan sampai pilihanmu itu menyinggung perasaan orang lain yang berbeda denganmu. Menyinggung teman atau saudaramu. Apalagi sampai memutus rasa pertemanan hingga tali persaudaraan. Misalnya aku memilih kopi, kamu memilih teh.

Biarkan saja, jangan saling menghina. Jangan saling mencela. Itu hanya soal pilihan rasa. Kita harus tetap duduk bersama. Ngopi bersama, ngeteh bersama.

Seperti kita ketahui, Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tinggal menghitung hari. Jika kita aktif di dunia maya, rasanya Pemilu ini mengerikan. Saya sebut saja begitu. Karena hampir tiap membuka medsos, kurasakan kengerian itu.

Mulai dari facebook, twitter, hingga whatsapp, ramai konten yang isinya saling serang kedua kubu. Tak jarang juga menghalalkan fitnah dan hoaks. Yang suka kopi mencela penyuka teh. Begitu sebaliknya. Yang suka teh menjelek-jelekkan yang suka kopi.

Apa harus begitu? Seperti yang saya katakan, ini hanya soal rasa. Saya suka kopi, saya menikmati rasanya. Jangan bilang kopi itu tidak baik untuk kesehatan dan melarang-larang minum kopi lagi. Itu menyinggung.

Karena tiap pilihan pasti ada pembelaan. Kopi itu banyak manfaatnya. Seperti meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood. Serta menstimuli fungsi saraf dan menambah energi. Begitu artikel yang saya baca.

Dan saya tidak akan pernah menghina kalian yang suka dengan teh. Karena dampak buruk akan kita dapatkan jika mengkonsumsinya berlebihan. Baik itu kopi atau teh. Begitupun berlebihan dalam mendukung pilihan di Pilpres. Itu berbahaya.
Pilihanmu Jangan Menyinggung Perasaan Saudaramu Pilihanmu Jangan Menyinggung Perasaan Saudaramu Reviewed by Fitroh Kurniadi on April 11, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.